Pilih Mana? Internet Dedicated vs Broadband

Layanan Internet Khusus dan Layanan Internet Broadband.

Saat ini kita sudah hidup di era teknologi yang terus berkembang dan bergerak dengan seiring bertumbuhnya ekonomi dan kalangan masyarakat pada umumnya. Koneksi internet di perangkat anda sudah bukan menjadi barang mewah lagi dan sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Di dalam dunia bisnis, internet juga sudah berubah menjadi kebutuhan pokok hampir di segala bidang, mulai dari perdagangan, manufaktur dan masih banyak lainnya.

Terdapat dua jenis koneksi internet yang sekarang ini sudah banyak dikenal yaitu koneksi internet dedicated dan broadband internet atau sering juga dikenal dengan istilah sharing bandwidth. Banyak orang yang mungkin masih mengangkat alis ketika mendengar kata internet dedicated yang biasanya dibandrol dengan harga relatif tinggi jika dibandingkan dengan internet broadband. Namun apakah anda sudah tahu perbedaan antara internet dedicated dan broadband?

Di dalam koneksi broadband, kecepatan yang bisa anda dapatkan tidak selalu stabil atau konstan dengan jumlah angka yang anda lihat di brosur dikarenakan karakter broadband sendiri yaitu sharing bandwidth. Artinya jika bandwidth yang disalurkan akan digunakan bersama dengan orang lain atau pengguna lainnya atau yang sering disebut dengan contention ratio sehingga akan jarang terjadi jika pengguna bisa mendapatkan kecepatan maksimal sesuai yang dijanjikan. Akhirnya, kecepatan internet yang digunakan berubah menjadi tidak terjamin dan lebih fluktuatif.

Selain itu, masih banyak koneksi broadband lainnya yang mempunyai kecepatan download dan upload yang sangat tidak seimbang. Semisal anda berlangganan broadband dengan kecepatan 10 mbps, maka anda bisa saja mendapatkan kecepatan download sekitar 5 mbps dan kecepatan upload sebesar 1 mbps. Berbeda dengan kecepatan broadband, koneksi internet dedicated menawarkan anda dengan kualitas layanan internet lebih baik dengan jaminan yang cukup signifikan.

Apa itu internet broadband?

Layanan Internet Broadband untuk pengguna rumahan dan SOHO.
Layanan Internet Broadband untuk pengguna rumahan dan SOHO.

Seperti yang sudah disebutkan sedikit di atas jika kecepatan akses yang anda dapatkan biasanya naik turun atau tidak stabil bergantung pada trafik. Jika semakin padat trafik maka akan semakin rendah kecepatannya, begitu pula sebaliknya. Kemungkinan mendapat kecepatan maksimal biasanya didapat pada saat malam hari karena trafiknya tidak seramai di siang hari. Semisal anda berlangganan layanan dengan kecepatan 3 mbps, namun ketika anda melakukan test kecepatan, maka kecepatannya hanya berkisar 1 hingga 2 mbps. Hal tersebut dikarenakan trafiknya sedang ramai dan anda bisa lakukan test pada tengah malam, pasti speednya akan naik sekitar 2 hingga 3 mbps. Biasanya harga paket yang ditawarkan relatif murah.

Apa itu paket internet dedicated?

Layanan Internet Khusus di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cirebon, Bandung, Tasikmalaya. Juga tersedia di Kawasan Industri seperti MM2100, Jababeka, Delta Silicon, Delta Mas, KIIC, Surya Cipta, Bukit Indah City.
Topologi Jaringan Internet Dedicated

Kecepatan internet yang disediakan oleh isp memang lebih terjamin dan biasanya sesuai dengan kontrak yang disetujui. Jika anda berlangganan kecepatan pada koneksi tertentu, misal 3 mbps dan hanya digunakan untuk penggunaan sendiri maka anda bisa dapatkan kecepatan sebesar itu sesuai dengan kontrak. Harga paket yang disediakan memang lebih mahal dibandingkan dengan paket broadband dengan kecepatan yang lebih stabil.

Apa perbedaanya?

Anda bisa dapatkan rasio 1:1

Seperti yang disebutkan diatas, pernahkan anda mendapatkan hasil speedtest dimana menunjukkan angka yang besar namun koneksi yang didapat terbilang lambat? Hal tersebut biasanya disebabkan oleh bandwidth yang ditampilkan adalah bandwidth yang digunakan ketika pengguna mengakses backbone isp sehingga hasil yang didapat pada speedtest bukan hasil sepenuhnya yang bisa anda dapatkan di network atau jaringan. Hal ini berbeda dengan broadband yang lebih menekankan pada penggunaan kata “sampai”, koneksi internet dedicated menawarkan anda dengan jaminan bahwa anda bisa dapatkan bandwidth sesuai dengan besar paket langganan selama 24 jam.

Dapatkan bandwidth simetris

Koneksi dedicated internet akan menyediakan pengguna dengan bandwidth simetris yang menjadi kecepatan download dan upload yang sesuai dengan paket yang anda dapatkan. Misalnya anda berlangganan paket internet koneksi dedicated sebesar 10 mbps, maka anda bisa selalu mendapatkan kecepatan untuk upload dan download masing-masing 10 mbps.

Dapatkan backup upstream

Anda harus tahu bahwa tidak semua isp mampu menyediakan fitur atau fasilitas ini. Namun ada beberapa brand yang menyediakan pelanggannya dengan jaminan backup upstream untuk memastikan bahwa bisnis yang anda jalankan tetap terhubung dengan internet selama 24 jam penuh meskipun terkadang beberapa link utama mengalami gangguan.

Anda bisa dapatkan jaminan SLA

Biasanya jika anda menggunakan internet dedicated, anda akan dapatkan jaminan sla (service level agreement) seperti kuota yang digunakan waktu down, latensi dan masih banyak lainnya yang menjamin ketersediaan koneksi internet anda. Kompensasi yang bisa anda dapatkan apabila sla tersebut tidak terpenuhi dapat bervariasi seperti adanya pengembalian untuk sebagian biaya langganan.

Nah, sekarang anda sudah mengerti beberapa perbedaan internet dedicated dan broadband. Internet broadband memang cocok untuk penggunaan internet dengan intensitas penggunaan yang tidak terlalu tinggi, seperti penggunaan di dalam rumah, villa, apartemen atau soho. Namun, jika anda ingin akses internet untuk kegiatan bisnis, ada baiknya anda pilih internet dedicated.

Baca juga : Tips Memilih ISP / Internet Service Provider