Apa Itu Teknologi 5G? Apa Manfaat dan Kelebihannya Dibanding Teknologi Pendahulunya?

Belakangan ini teknologi 5g sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang menantikan implementasi 5g, tidak sedikit juga yang menerka-nerka apa itu sebenarnya teknologi 5g, atau apa perbedaannya dibanding dengan pendahulunya (4g, 3g, 2g, dan 1g).

Jadi sebenarnya seperti apa teknologi 5g tersebut? Kenapa harus menggunakan 5g? Apa manfaatnya? Apa kelebihan dan kekurangannya? Kita akan telusuri satu persatu jawaban atas pertanyaan yang sering sekali muncul ketika membicarakan teknologi 5g ini.

Apa itu Teknologi 5G?

Pada dasarnya 5G atau Fifth Generation atau Generasi Kelima adalah sebutan untuk peningkatan atau evolusi telekomunikasi selular, baik dari sisi teknologi dan infrastruktur. Jadi singkatnya, 5G dalam telekomunkasi selular adalah pembaharuan dari 4G yang sudah banyak digunakan dan dijadikan standar telekomunkasi selular saat ini.

Lebih lengkap lagi mengenai tingkatan evolusi teknologi telekomunikasi seluler, Anda dapat membacanya langsung dari situs resmi salah satu operator selular besar Indonesia di tautan ini.

5G dikembangkan sebagai jawaban atas kebutuhan akan koneksi dengan level lebih tinggi dari 4G, baik dari segi kecepatan, kapasitas, dan stabilitas.

Kenapa Harus Beralih ke 5G?

Berbeda dengan saat pertama kali dikembangkan, telekomunikasi selular saat ini tidak hanya digunakan untuk komunikasi suara dua arah. Saat ini, selain panggilan suara telekomunikasi selular sudah digunakan untuk banyak keperluan dan aktivitas. Contohnya seperti panggilan video, online gaming, data entry, teleconference, video conference, kontrol perangkat / kendaraan jarak jauh, implementasi VR & AR dan masih banyak lagi.

Sama seperti saat 3G dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan akses internet publik yang saat itu belum mampu dipenuhi oleh 2G. Atau saat telekomunikasi berevolusi dari yang awalnya hanya mendukung panggilan suara, lalu berkembang menjadi panggilan video dan akhirnya menghadirkan 4G sebagai penerus dari 3G. Saat ini 4G dinilai sudah mulai tidak sanggup mengimbangi perkembangan teknologi dalam beberapa tahun ke depan. Oleh sebab itu 5G mulai dikembangkan oleh banyak perusahaan dan negara-negara berkembang sebagai penerus dari 4G.

Apa Saja Kelebihan dan Manfaat Dari 5G?

5G menawarkan banyak kelebihan dan peningkatan kinerja dari pendahulunya, yaitu 4G. Peningkatan-peningkatan tersebut antara lain adalah:

  • Data rate yang lebih tinggi, hal ini berpengaruh pada transmisi data antar perangkat, yang artinya kecepatan akses internet pun akan meningkat.
  • Latency yang lebih rendah (nyaris 1ms / mili detik), hal ini sangat penting dalam beberapa kasus. Karena kualitas lantency akan mempengaruhi akurasi waktu dalam komunikasi (data). Latency yang tinggi mengakibatkan keterlambatan informasi data atau yang biasanya disebut delay. Contoh kasus, apabila kita mengontrol kendaaraan dari jarak jauh dan terjadi delay dalam transmisi data, akibatnya kendaraan yang seharusnya sudah berbelok masih melaju lurus.
  • Connection Density di atas 4G, mendukung lalu lintas data dari banyak perangkat di saat bersamaan (serentak) dengan estimasi s/d 1 juta perangkat per kmĀ².

Beberapa contoh pemanfaatan 5G adalah AR/VR for Industry Maintenance, Smart Surveillance, Smart Building (Home / Office), Smart Factory, Remote Controlling Machinery, Remote Surgery, Drone Surveillance, Driving Automation, Smart Seaport, dan masih banyak lagi.

Apa Saja Kekurangan Dari 5G?

Sampai saat ini belum ada statement tentang kekurangan jaringan 5G yang didukung dengan bukti / fakta yang valid. Adapun beberapa kemungkinan yang dapat terjadi adalah sbb:

  • Dengan meningkatnya kecepatan komunikasi data dan akses internet, pengguna ponsel pintar (smart phone) akan memiliki kecendrungan mengkonsumsi paket data lebih tinggi dari sebelumnya.
  • Pemerataan cakupan area jaringan 5G membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Perangkat-perangkat dari generasi sebelumnya belum tentu mendukung jaringan 5G secara menyeluruh.

Kapan 5G Dapat Dinikmati Oleh Masyarakat Luas?

Saat ini hanya ada satu operator yang resmi menggelar jaringan 5G di Indonesia, dan area yang dilayani juga masih sangat terbatas di beberapa lokasi / kota besar saja.

Namun berbeda dengan saat 4G pertama kali diperkenalkan di kalangan publik, tidak semua pengguna menyambut dengan antusias, banyak yang masih bertahan menggunakan 3G. Jaringan 5G sangat diminati dan ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna di Indonesia.

Pengaruh Yang Ditimbulkan Dalam Industri dan Bisnis

Implementasi 5G dipastikan akan memicu evolusi besar-besaran dalam berbagai industri dan bisni, terutama perusahaan-perusahaan manufaktur dan ekspedisi. Automasi perangkat dan mesin akan mulai banyak digunakan dan teknologi-teknologi terdahulu akan mulai ditinggalkan.

Lalu bagaimana dengan perusahaan-perusahaan yang belum terlayani jaringan 5G? Layanan internet dedicated dengan media fiberoptik didukung dengan teknologi WiFi 6 masih tetap menjadi solusi.

Layanan internet dedicated berkecepatan tinggi dengan media fiberoptik dan didukung dengan redundansi jaringan menjadi tulang punggung internet. Sementara WiFi 6 menjadi media komunkasi antar perangkat dan mesin dalam jaringan lokal di dalam perusahaan.

Di Cyberplus, kami menjaga tingkat ketersediaan layanan dan uptime yang tinggi dengan adanya redundansi di seluruh jaringan kami. Kami juga berkomitmen menjaga privasi dan kerasahasiaan data pelanggan kami dengan menerapkan Clean Pipe Internet.

Untuk informasi lebih detail mengenai layanan internet dedicated kami, silahkan menghubungi kami di sales@cyberplus.net.id