Fiber Optic, Wireless atau VSAT ? Pilih Yang Mana ?

Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang cara memilih penyedia jasa internet / ISP yang tepat untuk kebutuhan Anda, berikutnya mari kita bahas media yang umumnya digunakan di Indonesia saat ini untuk mengantarkan koneksi internet sampai ke sisi pelanggan. Tentunya masing-masing media memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.

Apa saja sih media yang umum digunakan di Indonesia saat ini ? Baiklah, berikut adalah media-media yang paling umum digunakan oleh penyedia jasa internet / ISP saat ini :

1.     FIBER OPTIC

Tak bisa dipungkiri, saat ini fiber optic sudah menjadi pilihan utama karena semakin luasnya jangkauan area yang bisa dilayani jaringan fiber optic dan harganya yang semakin terjangkau jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

           PROS :

a.      Mampu menghantarkan bandwidth kecepatan tinggi sampai ke sisi pelanggan

b.      Relatif lebih stabil dibandingkan media lainnya

c.       Harga yang semakin terjangkau

CONS :

a.      Jika dibandingkan dengan media yang lainnya, fiber optic tetap lebih terbatas jangkauannya

b.      Relatif membutuhkan waktu yang lebih lama untuk troubleshootings apalagi jika terjadi cable cut

c.       Relatif lebih mahal dibandingkan dengan wireless misalnya

2.     WIRELESS

   Semakin berkembangnya teknologi wireless juga patut dipertimbangkan dalam memilih media yang paling tepat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

PROS :

a.  Mampu menghantarkan bandwidth kecepatan tinggi walaupun performanya dalam hal ini masih di bawah kemampuan fiber optic

b.      Sangat fleksibel dalam deployment

c.       Relatif lebih cepat dalam proses troubleshootings saat terjadi trouble

d.      Lebih murah

CONS :

a. Lebih rentan terjadi gangguan, umumnya gangguan frekwensi karena menggunakan gelombang radio

b.      Rentan terhadap sambaran petir walaupun bisa diatasi dengan system grounding yang baik

3.      VSAT ( A VERY SMALL APERTURE TERMINAL)

Menggunakan teknologi satelit dalam mendeliver bandwidth sampai ke tempat pelanggan. Umumnya digunakan sebagai opsi terakhir karena lokasi pemasangan yang belum bisa dilayani menggunakan media yang lain.

           PROS :

a.   Mampu diaplikasikan di lokasi yang terpencil selama masuk dalam area layanan satelit yang digunakan

CONS :

a.  Umumnya biaya yang dibutuhkan lebih tinggi, baik itu biaya berlangganan maupun biaya investasi awal yang dibutuhkan

b.   Bandwidth yang didapatkan pelanggan umumnya tidak simetris (download dan upload tidak sama besar)

c.      Latency yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan media-media yang lainnya

Untuk memperjelas, penulis coba contohkan beberapa kasus pelanggan dalam memilih media yang tepat untuk memenuhi kebutuhannya.

Contoh kasus 1

Perusahaan Intermilan FC ingin berlangganan internet di salah satu cabangnya. Setelah berkonsultasi dengan beberapa penyedia jasa internet, ternyata diketahui lokasi cabang yang dikehendaki telah dapat dilayani menggunakan fiber optic dengan kecepatan dan biaya berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget perusahaan Intermilan FC.

Contoh kasus 2

Sedangkan untuk head officenya, perusahaan Intermilan FC terletak di suatu kawasan industri. Setelah berkonsultasi dengan beberapa penyedia jasa internet, ternyata diketahui link budgeting menggunakan media fiber optic sangatlah mahal yang disebabkan terutama umumnya untuk pengadaan internet di kawasan industri dibutuhkan ijin dan biaya yang cukup tinggi ke pengelola kawasan industri tersebut. Hal ini mengakibatkan perusahaan Intermilan FC memutuskan untuk menggunakan media wireless sehingga link budgeting dapat ditekan dan kebutuhan bandwidth perusahaan Intermilan FC masih dapat terpenuhi dengan baik.

Contoh kasus 3

Sebagai perusahaan pertambangan, Intermilan FC juga memiliki kebutuhan akses internet di salah satu site tambangnya yang lokasinya cukup terpencil. Karena letak lokasinya tersebut pilihan menggunakan media untuk mendeliver kebutuhan akses internet menjadi sangat terbatas. Sehingga perusahaan Intermilan FC memutuskan menggunakan media VSAT untuk kebutuhan di site tersebut.

Demikian rangkuman penulis tentang media-media yang umum digunakan di Indonesia saat ini dalam mendeliver akses internet ke pelanggan. Jadi, pilih yang mana ? Jangan lupa konsultasikan kebutuhan akses internet Anda ke Cyberplus !


–tms-