Merancang Infrastruktur Jaringan Kantor

Sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dari hari ke hari, saat ini peranan bidang Teknologi Informasi semakin krusial sebagai supporting role dalam sebuah organisasi. Baik dalam sebuah perusahaan atau bidang usaha apapun membutuhkan peran teknologi informasi untuk dapat berjalan dengan baik dan smooth. Kita ambil contoh dalam sebuah kantor perusahaan, akan sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas perusahaan jika seringkali terjadi masalah pada infrastruktur teknologi informasinya. Seperti akses internet yang sering bermasalah sehingga para karyawan tidak bisa mengirimkan email misalnya, atau bahkan jaringan lokalnya yang sering bermasalah. Tentu sangat menyebalkan bukan ?

Jika untuk akses internet, kita bisa mengandalkan penyedia jasa internet yang berkualitas untuk membantu problem solvingnya. Tetapi untuk jaringan lokal tentu tanggungjawabnya sudah ada kepada kita sendiri karena di luar scope tanggung jawab si penyedia jasa internet, maka merancang infrastruktur jaringan yang baik menjadi sangat penting mengingat contoh di atas. Dalam artikel ini kita akan membicarakan proses perancangan infrastruktur jaringan lokal kantor.

Apa saja sih yang harus dipertimbangkan dalam merancang infrastruktur jaringan kantor ? Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam merancang infrastruktur jaringan lokal kantor, seperti :

1.      Media yang digunakan dan tujuannya

Ada istilah dalam dunia IT yang berkata wire is always better than wireless. Karena karakteristik masing-masing yang berbeda, kita harus dapat memanfaatkan karakteristik yang berbeda ini secara optimal untuk mencapai tujuan kita. Misalnya, untuk workstations PC, menggunakan kabel UTP akan lebih optimal secara kecepatan dan proses troubleshooting seandainya terjadi masalah dibandingkan dengan wireless. Akan tetapi untuk fasilitas akses internet untuk tamu atau devices seperti handphone / tablet tentu akan lebih tepat menggunakan media wireless bukan ?

2.      Perangkat yang dibutuhkan

Untuk menentukan merk dan tipe perangkat (contoh Switch, Cable, Access Point) yang hendak digunakan, tentu perlu dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

a.     Speed / throughput yang dibutuhkan

b.  Apakah staff IT atau orang yang bertanggungjawab untuk memaintain jaringannya cukup familiar dengan merk perangkat ? Karena setiap merk umumnya berbeda-beda dalam command-commandnya

c.       Skalabilitas kebutuhan di masa depan

3.      Dokumentasi !

Dokumentasi yang baik akan sangat menentukan smooth tidaknya proses troubleshooting saat terjadi kendala ( dan kendala itu pasti akan terjadi !). Pentingnya dokumentasi seringkali dianggap remeh dan baru disadari  pentingnya saat terjadi masalah.

4.      Staff yang capable

Setelah proses merancang dan membangun jaringan kantor Anda, tentunya akan dibutuhkan staff IT yang capable untuk terus memaintain atau justru mengembangkan jaringan Anda sesuai dengan kebutuhan. Banyak perusahaan yang masih belum memiliki staff IT sendiri, saat ini hal itu tidak menjadi masalah karena banyak perusahaan yang sudah bisa memberikan service ini, salah satunya adalah Cyberplus yang dapat memberikan solusi dari proses merancang, membangun dan maintenance serta pengembangan network Anda.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat memberikan manfaat.

 

-tms-